Hal-19: Bali


Hal-19: Bali
Festival Seni Bali Jani III 2021
Senin, 1 Nov. 2021, 19.00 WITA
Luring: Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Provinsi Bali
Daring: YouTube Disbud Prov. Bali


Ada hal apa di halaman 19 buku-buku tentang Bali yang ditulis oleh orang asing? Pertanyaan ini adalah salah satu titik keberangkatan jalinan teks peristiwa Hal-19: Bali, sebuah teater yang mencoba memeristiwakan halaman 19 dari beberapa buku tentang Bali yang ditulis oleh orang asing. Hal-19: Bali mencoba menggunakan teater sebagai peranti lunak dan angka 19 sebagai simbol sekuens (bukan simbol bilangan) untuk menyentuh berbagai dimensi yang melingkupi kehidupan di sebuah semesta yang kita yakini bernama Bali.

Mengapa 19? Ya, komposisi ini datang dari keseharian kita kini: Covid-19. Komposisi angka ini telah menjadi simbol masa serta semangat zaman di mana kita sedang hidup. Komposisi angka ini tidak memiliki nilai bilangan; ia hanya simbol sekuens yang diambil dari angka tahun 2019. Angka tahun pun hanya simbol sekuens yang tak memiliki nilai bilangan sehingga angka 19 di sini bisa jadi tanpa signifikansi nilai, namun di dalamnya beroperasi sebuah sistem. Hal ini analog dengan membaca buku: kita seakan sedang membaca halaman 19, dan banyak hal sedang terjadi di halaman 19 itu. Entah suatu kebetulan dari suatu keacakan, entah titik balik dari putaran kosmos, entah suratan takdir, yang jelas generasi manusia kini sedang hidup (dan mati) dalam pusaran pandemi yang diberi kode 19 ini, sebuah simbol sekuens semata.

Dalam konsepsi sekuens yang bisa jadi muncul dari pola acak tersebut, Hal-19: Bali tidak berusaha menjadikan teks-teks dari halaman 19 sebagai narasi yang utuh, namun mencoba menenun keacakan yang tak saling sambung itu sebagai sebuah refleksi, kritik, introspeksi, serta perluasan pandangan ke ruang-ruang narasi yang membentuk Bali kini.

Pemimpin Produksi: Dina Triastuti
Penata Bunyi: Jenar Kidjing
Penata Cahaya dan Properti: Kristanto
Penata Rias dan Busana: Gandez Imroatus Sholihah
Pelaku: Andika Ananda, Ego Heriyanto, M. Dinu Imansyah, Mailani Sumelang, Rosalia Novia Ariswari, Sarinah, Siska Aprisia
Pelaku Tamu: I Ngurah Suryawan
Dramaturg & Sutradara: Ibed S. Yuga




0 komentar