“(Un)Fitting: Sebuah Percobaan Menyandang Sejarah Teater yang Mendekam dalam Gudang dan Lemari” di Parade Teater Jogja

Concert Hall 
Taman Budaya Yogyakarta
Selasa, 4 September 2018
19.00 WIB
GRATIS!

Foto: Widya Astuti' | Desain: Ibed

Ketika membuka gudang dan lemari kostum, kami bertemu dengan sejumlah kostum dan properti dari pertunjukan-pertunjukan Kalanari sebelumnya. Sebagian masih utuh dalam bentuk dan warna; sisanya sobek, patah atau kehilangan sebagian organnya—mungkin tertinggal di panggung terdahulu. Semuanya mendekam, bertumpuk-bersesakan, seperti penghuni penjara menunggu hari pembebasan yang tak kunjung tiba. Pada semua kostum dan properti itu, melekat kuat segala kisah, ide, karakter dan kenangan dari pertunjukan-pertunjukan Kalanari sebelumnya. Benda-benda itu membentangkan sejarah Kalanari selama lebih dari enam tahun. Dan sejarah itu mengusik untuk diulik kembali. 

(Un)Fitting: Sebuah Percobaan Menyandang Sejarah Teater yang Mendekam dalam Gudang dan Lemari merupakan sebuah percobaan menenun teks-teks baru dari kostum dan properti pertunjukan-pertunjukan Kalanari sebelumnya. Semua kostum dan properti yang tersisa itu kami coba lepaskan dari segala kisah, ide, karakter dan sejarah pertunjukan yang pernah menghidupinya di panggung terdahulu. Semuanya lalu dipertemukan dengan tubuh-tubuh pelaku baru, yang diharapkan melahirkan berbagai perlakuan dan pemaknaan baru terhadap artefak-artefak dari masa lalu Kalanari itu. Hanya ada dua kemungkinan yang akan muncul ketika semua kostum dan properti itu disandang oleh tubuh-tubuh baru: sesuai (fitting) atau tak sesuai (unfitting). Kami bermain-main di dua kemungkinan ini untuk membangun pertunjukan. Namun demikian, tak bisa dimungkiri bahwa kami tak bisa sepenuhnya melepaskan teks-teks masa lalu dari artefak-artefak itu, sehingga di panggung kami mungkin akan gagal membendung lintasan-lintasannya. 

Pelaku: Mathori Brilyan, Mailani Sumelang, Rosalia Novia Ariswari, Sarinah, Sunantoro, Uul Sjareefachlail; Penata Panggung: Miftakul Efendi; Penata Cahaya: Immanuel Kristanto; Penata Musik: Jenar Kidjing, Desvandi, Ardhani Julian Krisna; Manajer Latihan: Andika Ananda; Manajer Panggung: Dina Triastuti ; Manajer Produksi: Gandez Sholeehah; Asisten Produksi: Aditta Deamastho; Dokumentasi: Widya Astuti’; Sutradara & Penggagas Teks: Ibed Surgana Yuga 

0 komentar