Temen Ngobrol #9 | Aku-Aktor Menulis Peta Sendiri

Foto: pxhere.com | Desain: Tim desain Kalabuku

Ruang Kenong PKKH UGM
Selasa, 28 Agustus 2018, 15.00-17.30 WIB

Temen Ngobrol: 
Agnes Christina
Elyandra Widharta
Ikun Sri Kuncoro

Moderator: 
Ibed Surgana Yuga

Setahun lalu, Joned Suryatmoko, Ikun Sri Kuncoro, Kusen Alipah Hadi dan Andy Sri Wahyudi mengundang beberapa aktor teater Jogja dan mengajak mereka untuk menulis proses catatan keaktoran mereka. Para penggagas ini percaya bahwa banyak pengetahuan yang dapat diperbincangkan dari praktik dan pemikiran para aktor itu. Tahun ini catatan-catatan mereka diterbitkan Kalabuku dengan judul Aku-Aktor: Konsep, Metode dan Proses Keaktoran di Yogyakarta, disunting oleh Ibed Surgana Yuga. Buku ini jadi semacam panggung bagi para aktor teater (di) Yogyakarta (ditambah beberapa pembanding dari luar Yogyakarta) untuk berbicara melalui tulisan. 

Keberadaan kritik dan publikasi tentang teater di berbagai media, yang sangat jarang membahas sisi keaktoran, mesti diimbangi dengan publikasi catatan-catatan yang ditulis oleh para aktor sendiri. Adalah urgen bagi para aktor untuk mengungkapkan, mendefinisikan sekaligus mengarsipkan konsep, metode serta proses keaktorannya dalam bentuk tulisan, secara terus-menerus. Di tengah proses produksi pengetahuan teater di Indonesia yang cenderung tersendat-sendat, para aktor ini mencoba menulis peta sendiri. 

Temen Ngobrol #9 akan menghadirkan Ikun Sri Kuncoro, salah satu penggagas buku Aku-Aktor, serta Agnes Christina dan Elyandra Widharta, salah dua aktor yang menulis catatan keaktorannya dalam buku ini. Obrolan yang akan dimoderasi oleh Ibed Surgana Yuga akan memperbincangkan urgensi produksi wacana oleh para aktor ini, lalu mencoba memetakannya dalam konteks teater Jogja sebelum dan setelah tahun 2000. 

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan dalam bentuk obrolan santai, namun dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan PKKH UGM.

Narahubung: 0822-1400-2019 (WA & SMS only, no call)
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar