Temen Ngobrol #12: Tari & Musik vis-à-vis Edukreatif


Omah Srawung
Dusun Sumberan RT 04, Jadan, Tamantirto, Kasihan, Bantul
(Google Maps: Sanggar “Omah Srawung”)
Sabtu, 24 Agustus 2019, 15.00–18.00 WIB

Temen Ngobrol:
Ratna Yulianti
Ucok Hutabarat

Ini tentang bagaimana seni pertunjukan, khususnya tari dan musik, tidak hanya sibuk berhadapan dengan ruang keseniannya sendiri, namun bergerak ke luar; berhadapan dengan masyarakat, lalu masuk ke dalamnya. Keberhadapan tari dan musik dengan masyarakat tentu saja tak cukup hanya dengan menjalani pola-pola yang ada dalam budaya tontonan. Masyarakat tak bisa hanya diperlakukan sebagai penonton semata, yang biasanya cenderung dianggap pasif dan menerima begitu saja apa yang disuguhkan pertunjukan. Kini telah banyak komunitas serta seniman tari dan musik yang bergerak meluas ke luar ruang keseniannya, berbaur dengan masyarakat, salah satunya melalui pendidikan kreatif (edukreatif). Para seniman itu mendayagunakan prinsip-prinsip yang beroperasi dalam ranah kesenian masing-masing untuk bergerak dan berdaya bersama masyarakat. 

Hal inilah yang akan coba diobrolkan dalam Temen Ngobrol #12, yang akan menghadirkan Ratna Yulianti dan Ucok Hutabarat, dua orang seniman tari dan musik yang telah tebal pengalamannya bergerak bersama masyarakat, terutama anak-anak, melalui metode edukreatif. Ratna Yulianti adalah founder Semesta Tari, Bandung, yang bergerak dalam pembelajaran tari kreatif (creative dance) yang berorientasi pada proses dan menekankan kebebasan berekspresi dan gerak pribadi sesuai potensi dan pengalaman masing-masing. Sedang Ucok Hutabarat adalah founder SULam (Sekolah Musik Alam), Yogyakarta, yang sejak enam tahun lalu melakukan pergerakan pendidikan musik untuk anak, dengan penekanan pada hak-hak anak untuk belajar, serta melawan eksploitasi anak yang kerap dilakukan justru dengan jargon “seni untuk anak”.

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan yang dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan Omah Srawung, serta didukung oleh Kalabuku.

Narahubung: 0899-8984-058
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar