Temen Ngobrol #13: Masyarakat Naik Panggung


Kalanari Theatre Movement
Jl. Perintis, Jeblog, DK III, RT 01, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
Google Maps: Kalanari Theatre Movement
Kamis, 3 Oktober 2019, 15.00–17.30 WIB

Temen Ngobrol:
Aik Vela Pratisca
Andika Ananda

Kerja-kerja teater di tengah masyarakat selalu mengajak seniman teater untuk melakukan refleksi tentang siapa masyarakat, dan—lebih dalam lagi—siapa diri sendiri sebagai seniman. Kerja teater yang berpijak pada pandangan bahwa masyarakat bukan sekadar publik teater, bukan cuma penonton, selalu berusaha mengajak masyarakat untuk bergerak dari ruang yang (di-) pasif (-kan) ke ruang yang aktif. Masyarakat digugah untuk beraspirasi di atas panggung melalui kerja kolaboratif dengan pekerja teater. Pekerja teater pun mencoba introspektif, mengekskavasi kembali dirinya sebagai bagian dari masyarakat yang telah lama ditimbun oleh politik dan intrik artistik. Di sisi lain, keberhadapan seniman teater dengan masyarakat pun bukan perkara yang mudah, sebab jarak yang terlanjur tercipta panjang dan lama di antara kedunya.

Berbagai pengalaman kerja teater di tengah masyarakat akan coba diobrolkan dalam Temen Ngobrol #13, yang akan menghadirkan Aik Vela Pratisca dan Andika Ananda, dua orang pekerja teater yang telah lama bergerak bersama masyarakat, melalui konsep-konsep kerja teater. Aik Vela Pratisca adalah aktor dan penulis yang baru saja merampungkan kerja kolaboratifnya dengan masyarakat Desa Bantala, Flores Timur, NTT, melalui program Seniman Mengajar. Sedang Andika Ananda adalah aktor Kalanari yang selama empat tahun terakhir melakukan kerja teater bersama masyarakat di Tulang Bawang Barat, Lampung.

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan yang dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, didukung oleh Kalabuku.

Narahubung: 0815-7876-1023
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar