Temen Ngobrol #11: Musik-Teater, Teater-Musik, Ulang-Alik


Galeri Lorong
Jumat, 5 April 2019, 15.00–17.30 WIB

Temen Ngobrol: 
Bagus Mazasupa
Jenar Kidjing

Lalu, di mana posisi musik dalam teater? Integral atau di luar? Satu kesatuan atau sekadar pelengkap? Bagaimana seorang musisi—yang bergelut dengan bunyi, yang bisa kerkarya secara independen di wilayah musik—bisa menempatkan diri dan berkarya dalam teater yang sering mengagungkan kuasa tubuh? Apakah skema berkarya dalam musik bisa diterapkan secara utuh ketika seorang musisi berkarya untuk teater? Bisakah struktur sebuah pertunjukan teater dibaca sebagai struktur sebuah karya musik? Tawar-menawar seperti apa yang terjadi ketika dua ruang seni ini bertemu? Ketika seorang musisi berkarya di wilayah musiknya sendiri, adakah skema teater memberinya inspirasi? 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan coba diobrolkan dalam Temen Ngobrol #11 yang akan menghadirkan Bagus Mazasupa dan Jenar Kidjing, dua orang musisi, dari generasi yang nyaris berbeda, dan keduanya berkarya pula untuk teater. Bagus Mazasupa, dengan latar belakang musik akademis, dikenal dengan berbagai keterlibatan kolaboratif dengan seniman atau kelompok teater dan tari. Sedang Jenar Kidjing, yang lebih otodidak di wilayah musik, juga melakukan kerja-kerja kolaborasi dengan teater dan tari. 

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan yang dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan Galeri Lorong, serta didukung oleh Kalabuku.

Narahubung: 0899-8984-058
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar