Temen Ngobrol #8 | Arsitektur Tubuh dan Pertunjukan

Foto & desain: Ibed

Ruang Kenong PKKH UGM
Senin, 30 April 2018, 15.00-17.30 WIB

Temen Ngobrol: Suprapto Suryodarmo

Temen Ngobrol #8 akan menghadirkan Suprapto Suryodarmo atau akrab disapa Mbah Prapto, seorang maestro seni gerak dari Padepokan Lemahputih, Solo. Mbah Prapto, yang dikenal dengan latihan gerak Joged Amerta, akan berbicara tentang tubuh dan pertunjukan dalam paradigma dan relasi arsitektural. Dalam Joged Amerta, kesadaran tubuh adalah kesadaran sebagai arsitektur: arsitektur yang meruang dan mewaktu. Tubuh yang bergerak merupakan transformasi dari ruang, dan dalam transformasi terdapat kualitas waktu. Tubuh dimaknai sebagai ruang kosmos, mikrokosmos, yang mana setiap orang memiliki kosmosnya masing-masing yang khas. Ruang bukan sekadar fisik, tapi juga roh, ada hidup, ada yang menghidupi. Latihan gerak mengarahkan tubuh untuk membangun kosmos diri yang bermakna, kosmos yang tidak hanya sendiri, namun terlibat dengan mikrokosmos yang lain, dan dalam kesadaran yang lebih luas lagi berada dalam makrokosmos.

Dalam Joged Amerta, keberadaan tubuh diletakkan pada paradigma “adaku”, being saying dan being speaking, “adaku yang berbicara”. Tubuh sebagai arsitektur terdiri dari lima unsur dasar, yaitu badan (body), pikiran/cita (mind), hati/perasaan (heart), niat (intention) dan benih (seed). Inilah “adaku”. Sedangkan untuk menuju “adaku yang berbicara”, Joged Amerta mengambil bagian tubuh dan membaginya menjadi tiga, yang disebut sebagai the being of mouth, the being of posture dan the being of joint. Pembagian ini bukan sekadar masalah keberadaan fisik, namun lebih penting lagi keberadaan simbol untuk berbicara: bagaimana berbicara dengan kualitas bahasa mulut, postur dan persendian. 

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan dalam bentuk obrolan santai, namun dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan PKKH UGM.

Narahubung: 0899-8984-058 (Dinu)
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar