Temen Ngobrol #6 | Ketubuhan Bissu

Foto: Dok. Shinta Febriany | Desain: Ibed

Ruang Gong PKKH UGM
Selasa, 17 Oktober 2017, 15.00-17.30 WIB

Temen Ngobrol: Shinta Febriany

Ma’giri’ adalah sebentuk pergelaran budaya di Sulawesi Selatan yang berfungsi sebagai media untuk berkomunikasi dengan penguasa semesta, dan dilakukan oleh bissu. Bissu diyakini sebagai gender kelima di Sulawesi Selatan dan memiliki kemampuan terhubung dengan dunia spiritual. Dalam pergelaran Ma’giri’ dapat disaksikan fenomena ketubuhan yang khas yakni tubuh bissu yang kebal terhadap kawali (keris). 

Temen Ngobrol #6 akan menghadirkan Shinta Febriany yang melakukan penelitian mengenai ketubuhan bissu dalam pergelaran Ma’giri’. Perspektif fenomenologi pragmatik dari Maurice Merleau-Ponty digunakan untuk menelisik pengalaman ketubuhan bissu dalam kehidupan sehari-hari dan ketika pergelaran Ma’giri’. Pengalaman ketubuhan adalah pengalaman yang bersifat alamiah yang terjadi pada setiap manusia. Konsep teknik ketubuhan yang dicetuskan Eugenio Barba digunakan pula untuk membaca ketubuhan bissu dalam konteks pergelaran.

Ketubuhan bissu dalam pergelaran Ma’giri’ tidak hanya bertumpu pada teknik ketubuhan, melainkan juga pada aspek nonteknikal di luar tubuh (mental experience). Aspek nonteknikal dalam ketubuhan bissu ketika pergelaran Ma’giri’ merupakan aspek yang dapat dijelaskan dengan mencermati hubungan antara dunia mental dan dunia material yang dibangun bissu melalui pengalaman ketubuhan.

Dalam Temen Ngobrol #6 ini Shinta Febriany yang adalah sutradara Kala Teater, Makassar, akan mengajak kita ngobrol-ngobrol untuk melihat kontribusi penting seni pertunjukan tradisi pada praktik seni saat ini, terutama ihwal ketubuhan yang juga menjadi wacana penting kerja penciptaan teater saat ini.

Temen Ngobrol merupakan forum diskusi kebudayaan dalam bentuk obrolan santai, namun dibingkai oleh tema spesifik, dengan menghadirkan temen ngobrol atau semacam narasumber. Forum yang terbuka untuk umum ini diinisiasi oleh Kalanari Theatre Movement, dan kali ini bekerja sama dengan PKKH UGM.

Narahubung: 0899-8984-058 (Dinu)
Website: kalanari.org | Twitter: @kalanari | Instagram: @kalanaritheatre

0 komentar